Sunday, November 4, 2012

Perbesar Kapasitas Kita


" Berkatalah perempuan itu: "Hambamu ini tidak punya sesuatu apapun di rumah, kecuali sebuah buli-buli berisi minyak." (II Raja-raja 4:2)
Melalui kisah dari ayat II Raja-raja 4:1-7, Elisa bertemu dengan janda istri seorang nabi, waktu itu ia sedang terlilit oleh jerat hutang. Kedua anaknya akan diambil menjadi budak oleh seorang penagih hutang. Maka bertanyalah Elisa kepada janda itu "Apakah yang dapat kuperbuat bagimu? Beritahukanlah kepadaku apa-apa yang kau punya di rumah." Berkatalah perempuan itu: "Hambamu ini tidak punya sesuatu apapun di rumah, kecuali sebuah buli-buli berisi minyak."
Saudaraku seringkali ketika kita menghadapi krisis, kita tidak dapat melihat apa yang masih tersisa dalam hidup kita yang dapat digunakan oleh Allah. Apalah arti sebuah buli-buli berisi minyak? Tuhan yang kita sembah adalah Allah yang kreatif. Dia tidak pernah gagal untuk menolong umatNya. Janda itu melakukan seperti yang diperintahkan oleh Elisa. Ia meminjam banyak bejana dari tetangga-tetangga dan menuangkan minyak dari buli-buli minyak yang ia miliki. Keajaiban terjadi ketika ada proses ketaatan, ada langkah iman yang dilakukannya. Janda itu memperluas kapasitasnya untuk menampung pekerjaan besar Tuhan. Minyak tidak habis dituangkan sampai seluruh bejana-bejana terisi penuh. Sebuah buli-buli ketika di serahkan ketangan Allah maka akan mendatangkan mujizat besar. Kita perlu melihat ke dalam diri kita, bahwa selalu ada jalan untuk keluar dari krisis kehidupan. Pergunakan apa yang masih ada dalam diri kita, persiapkan itu. Ketika Tuhan buka jalan, maka kita siap menampungnya. Tuhan ingin bekerjasama dengan kita, ada bagian Tuhan dan ada bagian kita. Satu langkah yang kita buat membuat Tuhan bergerak beribu-ribu langkah untuk meyatakan kebesaranNya. Siapkan diri, perbesar kapasitas kita dan nantikan karya Tuhan dalam hidup Anda
.

No comments: