Monday, November 7, 2011

[SaTe] Khususkan Waktu Bagi Tuhan

Ulangan 5:13 Enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu,
Ulangan 5:14 tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau lembumu, atau keledaimu, atau hewanmu yang manapun, atau orang asing yang di tempat kediamanmu, supaya hambamu laki-laki dan hambamu perempuan berhenti seperti engkau juga.
Ulangan 5:15 Sebab haruslah kauingat, bahwa engkaupun dahulu budak di tanah Mesir dan engkau dibawa keluar dari sana oleh TUHAN, Allahmu dengan tangan yang kuat dan lengan yang teracung; itulah sebabnya TUHAN, Allahmu, memerintahkan engkau merayakan hari Sabat.

  • Dalam Perjanjian Lama, umat Allah diharuskan membebaskan diri dari segala pekerjaan, untuk secara khusus beribadah dan beristirahat setelah 6 hari bekerja.
  • Meskipun hal itu tidak lagi menjadi keharusan bagi umat Allah di dalam Kristus saat ini, karena Yesus telah menggenapi tuntutan Hukum Taurat dalam diri-NYA sendiri, namun kita perlu memberi waktu khusus secara berkala; baik untuk beristirahat, apalagi untuk kepentingan mendekatkan diri kepada Tuhan. Itu sebabnya orang-orang Kristen pada umumnya mengkhususkan diri untuk pergi ke gereja pada hari minggu, juga kegiatan-kegiatan lainnya yang ditetapkan oleh para pemimpin di hari-hari lainnya. Semuanya itu diperlukan untuk menjaga stabilitas pertumbuhan rohani kita. (GBI IKM - TS)

No comments: