Friday, November 18, 2011

IKUTLAH AKU

Yesus berkata kepada mereka: “Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.” (Matius 4:19)

Suatu kali saya dan keluarga liburan ke daerah puncak, kami mampir di sebuah taman bunga dimana di dalam lokasi tersebut ada sebuah labirin yang cukup besar, kamipun berniat untuk memasukinya, tetapi tentu saja kami harus membeli sebuah peta agar tidak tersasar di dalamnya, akhirnya kamipun mulai memasuki labirin tersebut dengan bekal sebuah peta. Wah tidak disangka ternyata labirin ini cukup luas juga dan cukup membuat kami semua jadi bingung di dalamnya meskipun sudah berusaha untuk membaca peta tersebut tetap saja kami tidak bisa juga menemukan jalan keluarnya, sampai akhirnya kami bertemu seseorang dan beliau berkata “Ikutin saya!” dengan perasaan yang masih penuh tanda Tanya kamipun mengikuti orang itu dan akhirnya sampailah kami di pintu keluar labirin itu.

Nah, di antara para pemuka agama yang pernah tampil di dunia, Yesus menyampaikan panggilan yang unik dan revolusioner, “Ikutlah Aku.” Dia tidak mengarahkan pengikut-Nya untuk hanya menyimak dan mematuhi ajaran-Nya, tetapi Dia menunjuk pada diri-Nya sendiri sebagai Sosok yang patut diikuti. Mereka diundang untuk meneladani sebuah Kehidupan. Yesus juga bukan sekadar menyediakan peta petunjuk untuk menjalani kehidupan, Dia sendiri yang akan menjadi Pemandu mereka dalam melewati lembah dan gunung kehidupan.

Meskipun Yesus sudah naik ke surga, undangan itu tetap berlaku bagi pengikut-Nya saat ini. Ketika kita percaya, kita menerima kehidupan-Nya yang menjadikan kita anak Allah (Yohanes 1:12-13) dan menerima Penolong yang menyertai kita selama-lamanya (Yohanes 14:16-17). Dengan mengikuti pimpinan-Nya, dalam persekutuan pribadi dengan-Nya, kita menerima impartasi karakter-Nya, hari demi hari diubah menjadi makin serupa dengan Anak Allah (lihat Roma 8:29).
Apakah Anda pengikut Kristus? Sederhana saja tandanya: Tentulah karakter Kristus makin nyata dalam diri Anda, serta buah Roh (Galatia 5:22-23) makin melimpah dalam hidup Anda—[ARS]

BACA: Matius 4:18-22
PERENUNGAN: Bagaimana Petrus dan Andreas, Yohanes dan Yakobus, menanggapi undangan Yesus?
PENERAPAN: Berdoalah meminta pimpinan Tuhan, dalam hal apa Anda perlu “mengikuti Yesus” pada hari ini sehingga karakter Anda diubahkan.

No comments: