Tuesday, November 22, 2011

Dipilih tapi tidak selamat..?

Bacaan: Matius 25: 14-30


Beberapa hari lalu saya dan teman pendoa disuruh Tuhan untuk berkumpul karena ada sebuah HAL ILAHI yang dari-Nya yang ingin dibagikan kepada kami sebagai satu tim. Dan waktu saya berdoa Dia ingatkan saya tentang PERUMPAMAAN yang diceritakan oleh YESUS sendiri di Kitab Matius 25:14-30 dimana ada 3 orang hamba yang sebenarnya dibagikan HARTA/ TALENTA oleh tuan-nya sebagai sebuah TANDA KEPERCAYAAN (ayat 14) dikatakan bahwa mereka dipanggil dan dipilih oleh tuannya. Saya percaya tuan mereka adalah tuan yang sangat kaya. karena apa? Karena orang ini mempercayakan ke 3 hambanya TALENTA yang jika dijumlah = 8 TALENTA.

Di dalam masa Yesus hidup (Perjanjian Baru) diketahui bahwa nilai dari 1 TALENTA adalah 6000 Dinar! Dan untuk diketahui upah seorang pekerja pada masa itu adalah 1 Dinar/hari. Semua itu adalah jumlah atau nilai uang yang sangat banyak sekali. Ke 3 hamba ini adalah ORANG-ORANG yang PALING BERBAHAGIA karena apa, karena MEREKA DIPANGGIL/ DIPILIH dari sekian banyak hamba yang dipunyai oleh Tuan mereka untuk menjalankan TALENTA tuan mereka.

Demikian jugalah sebenarnya saudara dan saya, sebagai hamba-hamba Tuhan pastilah kita sangat berbahagia jika ada diantara kita DIPERCAYAKAN TUHAN sesuatu PEKERJAAN YANG BESAR yang mungkin baru untuk kita lakukan. pastilah kita memiliki antusias yang baru, sikap hati yang positif dsbnya tetapi ada yang aneh dan menjadi sebuah masalah jika kita sebagai hamba Tuhan memiliki sikap hati yang salah dan akhirnya bereaksi salah terhadap sesuatu yang sebenarnya sangat berharga dan datangnya dari Tuhan!

Hal inilah yang ditunjukkan oleh hamba yang dipercayakan 1 TALENTA oleh tuannya, berbanding terbalik dengan yang dilakukan ke 2 hamba yang lain dimana 1 hamba bisa menggandakan 5 TALENTA menjadi 10, dan yang lain menggandakan 2 TALENTA menjadi 4..hamba yang ini yang hanya dipercayakan 1 TALENTA malah tidak melakukan apa-apa bahkan mengatakan hal-hal yang jahat kepada tuannya! Saudara dan saya bisa sama melakukan seperti yang dilakukan hamba tersebut. kita bisa tidak melakukan APA YANG DIPERINTAHKAN-NYA bahkan menganggap Tuhan itu JAHAT!
Saya renungkan Pasal 25 ini dan cukup kaget waktu terbersit satu kalimat yang saya percaya datangnya dari Tuhan: "Orang yang dipilih tapi tidak selamat....!!!"

Seberapa sering sebenarnya kita melakukan yang sama seperti hamba yang jahat tersebut...kita merasa bahwa Tuhan kita baik dan panjang sabar jadi kita menganggap enteng atau rendah KEPERCAYAAN yang sebenarnya lagi Tuhan beri dalam hidup kita. Ada hal-hal KHUSUS dalam setiap hidup kita sebagai hamba Tuhan dimana jika kita melakukan apa yang DIPERCAYAKAN-NYA terhadap kita dengan benar itu akan mengangkat/ mempromosikan hidup kita didalam Tuhan, tetapi sebaliknya jika kita tidak melakukan apa yang DIPERCAYAKAN-NYA atas kita, bukan hanya kita kehilangan KEPERCAYAAN-NYA tetapi bahkan KEHILANGAN HIDUP KITA SELAMANYA DI NERAKA (AYAT 28-30).

Seberapa sering kita menganggap SERIUS semua yang ILAHI yang datang dari Tuhan atas kita..??
Yesus mulanya berbicara dalam bentuk perumpamaan tentang TALENTA ini, tapi ternyata akhirnya berbicara tentang KEKEKALAN...!!! 

Apa yang membuat hamba yang jahat dan tak berguna itu bisa sampai melakukan hal-hal seperti itu kepada tuannya...sebagai gambaran sikap kita sebagai hamba Tuhan yang juga bisa melakukan hal yang sama. ............Renungkan.

(Berlanjut)

Dalam Anugerah-Nya bagiku selalu,

No comments: