Thursday, September 8, 2011

[SaTe] Hidup Oleh Iman Dalam Dia

Galatia 2:18 Karena, jikalau aku membangun kembali apa yang telah kurombak, aku menyatakan diriku sebagai pelanggar hukum Taurat.
Galatia 2:19 Sebab aku telah mati oleh hukum Taurat untuk hukum Taurat, supaya aku hidup untuk Allah. Aku telah disalibkan dengan Kristus;
Galatia 2:20 namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.


  • Mengapa Paulus berkata bahwa ia telah mati untuk hukum Taurat dan hidup bagi Allah? Apakah hukum Taurat itu tidak baik?
  • Hukum Taurat itu baik, karena berasal dari Allah. Akan tetapi hal itu hanya merupakan peraturan atau petunjuk tentang standar kesucian Allah. Oleh karena itu tidak ada manusia yang mungkin luput dari pelanggaran terhadap hukum Taurat. Itu sebabnya keselamatan hanya bisa terjadi melalui pengorbanan Kristus untuk semua manusia.
  • Kita pasti mati karena tuntutan hukum Taurat. Akan tetapi kita bisa hidup, karena Kristus telah mati sebagai pengganti kita untuk menanggung tuntutan hukum Taurat.

No comments: