Sunday, September 25, 2011

K A L E B - Bagian II


 Kembali hari ini saya ingin menulis tentang pribadi Kaleb..didalam roh ,saya merasakan ada sesuatu yang luar biasa dan menarik perhatian saya tentang nama Kaleb. Alkitab katakan bahwa Kaleb adalah salah satu pemimpin dari suku di Israel, yang suruh Musa untuk mengintai tanah Kanaan bersama 11 pemimpin lainnya.Dan Alkitab sudah ceritakan di pasal 13 dan 14 dari Kitab Bilangan, bahwa hanya Yosua dan Kaleb lah yang membela kebenaran Tuhan dihadapan umat Israel yang memberontak kepada-Nya. Pesan Tuhan untuk kita Pemimpin-pemimpin rohani dan para calon pemimpin untuk belajar dari Kaleb.

Nama Kaleb berarti Anjing.Kita belajar karakteristik dari seekor anjing. Anjing adalah binatang :
a. yang setia kepada tuannya.
b. memiliki penciuman yang tajam.
c. salah satu dari binatang petarung.

Dengan kata lain, sebagai pemimpin rohani saya dan saudara haruslah :
1.Memiliki kesetiaan kepada Tuhan secara penuh, bukan hanya saat ini tapi dalam segala sikon dan setia sampai garis akhir,termasuk setia untuk selesaikan tugas-tugas yang datang dari Tuhan untuk kita selesaikan.

2. Penciuman yang tajam berarti bahwa sebagai pemimpin rohani, kita bisa tahu dan kenali semua hal yang datang atas kita, apakah itu berasal dari Tuhan,dari jiwa kita atau bahkan dari musuh/iblis..penciuman yang tajam juga dapat berarti bahwa kita haruslah bisa memahami dan mengenali PRIBADI TUHAN...saat masuk dalam pelayanan,masuk dalam penyembahan dan apapun kita harus bisa mengenali-Nya, dapat mencium BAU TUHAN kita sebagai Tuan atas hidup kita...dan menyebabkan kita tidak asal-asalan pelayanan,bermain musik, jadi WL dsbnya..tapi mengeri KEHADIRAN -NYA/HADIRAT-NYA dalam seluruh aspek hidup kita...Penciuman yang tajam juga berarti seorang Pemimpin haruslah memiliki VISI dari Tuhan dan membuatnya jadi nyata , mampu menganalisa semua hal dalam perspektif Tuhan dan bukan diri sendiri lagi, bisa melihat semua kesempatan yang datang dari Tuhan untuk kita masuk kedalamnya dan mengusahakan semua itu untuk melipatgandakannya bagi hormat kemuliaan Tuhan ( perumpamaan tentang Talenta Matius 25:14-30)

3.Semua pemimpin Rohani harus memiliki Mental Raja-raja...yaitu mental yang siap untuk bertarung,menghadapi musuh/iblis bahkan orang-orang yang menghina kebenaran-nya dan menjadi pemenang. Bukan dengan kekuatan kita,kita bertarung tetapi dengan kekuatan Roh Kudus dan Anugerah-Nya bagi setiap kita.

Dikatakan di Bilangan 13 ayat 6 bahwa " dari suku Yehuda, Kaleb bin Yefune.."

Satu lagi yang menarik dari nama Kaleb, bahwa dia berasal dari orang tua yang bernama Yefune...arti kata Yefune adalah: Ia akan menghadapi..dari kata dasar PANAH yang dapat diartikan salah satunya adalah MEMPERSIAPKAN...

Dengan kata lain jika kita mau berhasil sebagai pemimpin rohani kita harus punya yang namanya PERSIAPAN..PERSIAPAN kita selalu dimulai dari hubungan kita dengan BAPA SURGAWI hal itu mutlak..dengan adanya Persiapan kita akan mampu menghadapi siapapun dan apapun dan dimanapun bersama Kristus di pihak kita...kita akan memperoleh kemenangan.

Bersiaplah Gereja Tuhan, Tuhan akan bangkitkan pemimpin-pemimpin baru, peralihan atau tongkat estafet kepemimpinan akan segera dimulai, jadilah seperti Kaleb dan Yosua yang memebela kebenaran Tuhan juga membela Musa Pemimpin mereka dihadapan umat Israel yang bengkok hatinya..Amin

Selalu dalam anugerah-Nya bagiku,
Ditulis oleh : Vendrik Torindatu dari House Of Sarifice / The Eagles



No comments: